Teori Strategi Bisnis Menurut Para Ahli
Teori strategi bisnis menurut para ahli yang saya ketahui
adalah sebagai berikut :
• Menurut Chandler
(Rangkuti, 2000, p3) strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan
dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta
prioritas alokasi sumber daya.
• Menurut Learned,
Christensen, Andrews, dan Guth, (Rangkuti, 2000, p3) strategi merupakan alat
untuk menciptakan keunggulan bersaing. Dengan demikian salah satu fokus
strategi adalah memutuskan apakah bisnis tersebut harus ada atau tidak ada.
• Menurut Argyris,
Mintzberg, Steiner dan
Miner (Rangkuti, 2000,
p4) strategi merupakan respon
secara terus-menerus maupun adaptif terhadap peluang dan ancaman eksternal
serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.
• Menurut Porter
(Rangkuti, 2000, p4) strategi adalah alat yang sangat baik untuk mencapai
keunggulan bersaing.
• Menurut Andrews,
Chaffe (Rangkuti, 2000, p4) strategi adalah kekuatan motivasi untuk stakeholders, seperti stakeholders, debtholders, manajer, karyawan,
konsumen, komunitas, pemerintah, dan sebagainya, yang baik secara
langsung maupun tidak langsung menerima keuntungan atau biaya yang ditimbulkan
oleh semua tindakan yang dilakukan oleh perusahaan.
• Menurut Hamel dan
Prahalad (Rangkuti, 2000, p4) strategi merupakan tindakan yang bersifat
incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus dan dilakukan berdasarkan
sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
Dengan demikian perencanaan strategi hampir selalu dimulai dari “apa yang dapat
terjadi”, bukan dimulai dari “apa yang terjadi”. Tetapi kecepatan inovasi pasar
baru dan perubahan pola konsumen
memerlukan kompetensi inti
(core competencies). Perusahaan
perlu mencari kompetensi inti di
dalam bisnis yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar